RETRET GURU DAN KARYAWAN MARSUDIRINI

Retret guru dan karyawan Yayasan Marsudirini merupakan kegiatan 2 tahunan. Melanjutkan tema retret tahun 2012 yaitu “Melayani dengan gembira, mengapa tidak?” maka retret tahun 2012 ini mengambil tema “Tuhanlah Sumber Gembiraku”.

Tema ini dipilih sebagai upaya kita untuk meneladan sikap hidup Bapa Fransiskus Assisi yang menjadikan Yesus yang tersalib sebagai focus seluruh hidupnya. Dengan demikian ia dimampukan untuk menjalani hidup pertobatan dengan suka cita. Hidup pertobatan bukan sebagai pengorbanan apalagi penderitaan, melainan sebagai harapan akan kebahagiaan. Maka pertobatan secara terus menerus dapat dibangun dan diwujudkan dalam hidupnya sehari-hari.

Ibu Magdalena Daemen yang mengikuti jejak dan meneladan hidup Bapa Fransiskus Assisi memiliki keyakinan yang kuat akan Penyelenggaraan Illahi. Deus Providebit yang artinya Tuhan yang menyelengggarakan. Karena keyakinan inilah yang memampukannya untuk melewati setiap rintangan, setiap kesulitan atau bahkan penderitaan sekalipun. Selalu ada harapan yang akan menumbuhkan kegembiraan.

Guru dan karyawan Yayasan Marsudirini memilih dunia pendidikan sebagai dunia kerjanya, Pendampingan kaum muda menuju kepenuhan manusia seutuhnya telah dipilih menjadi profesi. Dengan demikian pendidikan dapat dimaknai sebagai keterlibatan kita dalam karya Penciptaan dan karya Penyelematan Allah. Sikap hidup yang seperti apa yang mesti kita punya agar kita sungguh mampu terlibat dan sekaligus menikmati keterlibatan itu?

Garis besar materi Retret:

  1. Sejarah keterlibatan Tuhan dalan hidup manusia (Sejarah Penyelamatan)Menghantarkan peserta retret sampai pada pemahaman bahwa Allah terus menjaga dan mengarahkan hidup manusia agar tetap menuju pada keselamatan/kebahagiaan. Mulai dari penciptaan, Salib , hingga Roh Kudus yang menyertai para Rasul
  2. Menggali pengalaman jejak-jejak kehadiran Tuhan dalam hidupku. Hanya orang yang sungguh mengalami kasih Tuhan akan dapat mengasihi orang lain. Termasuk mengasihi murid-muridku.
  3. Tantangan dan tuntutan dunia pendidikan saat ini. Dimaksudkan untuk mengenal medan karya.
  4. Buah-buah kesetiaan: Harapan dan kegembiraan

Jadwal Retret: (DIY dan Jateng)

  1. 7 – 9   Agustus :  Kelompok SMA dan SMK
  2. 14-16 Agustus :  Kelompok SMP
  3. 21-23, 25-27, 28-30 Agustus, 3-6 November : Kelompok SD
  4. 22-24, 25-27 September : Kelompok TK

Bagaimana dengan Wilayah JABOBEK , Detusoko, Kefa, Bali, Perawang, dan Papua? Ayo menyusul….

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar