Hari Pangan Sedunia

Tema Hari Pangan Sedunia tahun 2014 ini adalah "Pangan Sehat Keluarga Sehat. Kita tahu bersama bahwa jaman ini ada begitu banyak makanan yan tidak sehat, entah karena cara pengelolaannya maupun bahanbahannya. Ada berbagai makanan yang menyebabkan berbagai penyakit. Menyikapi hal ini kita perlu memperhatikan jenis makanan yang ahrus kita komsumsi agar tubuh kita selalu sehat. Lebih untuk anak-anak kecil yang masih sangat rentan terhadap penyakit, sedari dini kita menyadarkan mereka untuk mengkomsumsi makanan sehat.
 
Memaknai Hari Pangan Sedunia yang diraykan pada tanggal 16 Oktober tahun 2014 ini,  siswa-siswa SD Virgo Maria 1 Ambarawa, mengadakan berbagai kegiatan, antara lain: mengumpulkan dana solidaritas untuk sesama yang berkekurangan dalam hal pangan, membesihkan lingkungan sekolah, memelihara tanaman di lingkungan sekolah. Dan yang tidak kalah menarik adalah lomba memasak makanan  berbahan alamiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas VI.

Bahan-bahan alam yang mereka pilih a.l. singkong, daun singkong, ketela rambat, kentang dan jagung. Olahan dari bahan-bahan tersebut ternyata menghasilkan berrbagai jenis makanan sehat antara lain; rolade, puding, kolak, getuk, dll.

Menurut pengakuan beberapa, mereka mendapatkan resep berrbagai makanana berbahan alam, dari internet, dari buku dan dari orang tua serta saudara.Perlu diketahui bahwa segala jenis makanan yang dihasilkan oleh anak-anak tersebut tidak memakai penyedap rasa, sungguh- sungguh alamiah.

Kegiatan- kegiatan tersebut di atas bertujuan menanamkan rasa solidaritas peduli pada sesama,, cinta alam dan kenal akan makanan sehat .. melalui kegiatan-kegiatan tersebut anak diharapkan  makin peduli pasa sesama, cinta pada sang pencipta (Allah) dan ciptaan-Nya, rela berrkorban, membina kerja sama dalam kelompok, persaudaraan dan setia pada kelompok.

Secara tidak langsung, kegiatan yang dilaksanakan  dalam rangka "Hari Pangan Sedunia' di SD Virgo Maria I Ambarawa telah mencerminkan pelaksanaan nilai-nilai kemarsudirinian.
"Mari peduli pada sesama dan alam ciptaan-Nya". Tuhan memberkati. 

 Luciani.osf

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar