SMK St. Fransiskus Semarang

Semarang - SMK St. Fransiskus yang terletak di Jl. Wolter Monginsidi merupakan sekolah swasta yang salah satu jurusannyamemiliki keunggulan di bidang desain kriya kayu. Jurusan ini mempelajari tentang seni kerajinan kayu yang difungsikan untuk sebuah produk mebel.

Lulusan dari SMK ini juga cukup banyak diandalkan, banyak perusahaan mebel yang merekrut SDM lulusan dari jurusan desain produksi kriya kayu ini "karena jurusan ini mengajarkan para siswa yang siap untuk bekerja dipermebelan dengan mengutamakan mnotif kerajinan. biasanya ini bisa kita jumpai di Jepara atau kota kecil laiinnya. Apalagi jurusan ini memang satu-satunya yang ada di Semarang "jelas Yohanes Sudarno Wakil Kepala Sekolah SMK St. Fransiskus Bidang Kurikulum".

Dikatakan jurusan desain produksi kriya kayu saat ini paling laku dan diminati siswa yang siap kerja. karena banyak perusaahn yang melirik lulusan dari desain kerajinan " sayangnya siswa yang berminat di jurusan ini tidak banyak. Remaja jaman sekarang kurang telaten "ucapnya".

Sementara itu ketika ditanya teknik kerajinan dibidang produksi kriya kayu apakah berbeda dengan sekolah PIKA yang ada di jalan Imam Bonjol? Sudarno menerangkan pada seni pembuatan. "Kalau siswa kami lebih fokus pada kerajinan dang PIKA fokus pada produk mebelnya dan tidak ke arah seni kerajinan atau ornamennya" Pungkasnya.

Selai jurusan desain produksi kriya kayu katanya di SMK St. Fransiskus juga memiliki jurusan bidang Multimedia yang peminatnya juga cukup banyak. "Kita juga punya jurusan busana butik dan ini sangat diminati para wanita. Disini etos kerja siswa sangat bagus dan kreatif. Karya-karya busana butik mereka juga banyak yang pesan" pungkasnya.

Ditambahkan sejumlah siswanaya di jurusan Multimedia pada 2012 lalu ada yang pernah mendapat juara pertama yakni Adinda yang berhasil membuat poster tingkat kota Semarang. Kemudian pada 2013 lalu juara lomba painting tingkat Jateng yakni Yohana Mutiara Hitam Violinka dari kelas IX.(gus/saf)

Disadur dari Jateng Pos, Selasa, 6 Januari 2015

Berita Terkait

Belum Ada Komentar

Isi Komentar