SD Antonius 2


 SEJARAH SEKOLAH DASAR SANTO ANTONIUS 02

Jalan Kanfer Raya 30 Banyumanik, Semarang Telp. 024-7472017

Email: sd.ant02smg@gmail.com Blog: http://sdstantonius02smgpar.multiply.com

 

            Sekolah Dasar “Santo Antonius 02” berdiri sejak tanggal 19 Juli 1982, di bawah naungan Yayasan Marsudirini. Yayasan Marsudirini yang dikelola oleh perkumpulan Suster-suster Fransiskus yang berpusat di Jalan Ronggowarsito No. 8 Semarang. Waktu itu belum ada ruang kelas, maka pimpinan Gereja Santa Maria Fatima Banyumanik berkenan meminjamkan sebuah ruangan di Pasturan untuk menampung siswa sejumlah 72 orang.

            Pada bulan November 1982 mulailah dibangun gedung berlantai dua sebanyak delapan ruang, lengkap dengan WC dan Kamar Mandi. Pembangunan ini dilaksanakan pada akhir tahun pelajaran 1982 – 1983. Delapan buah ruangan itu dapat menampung siswa sejumlah 256 orang, dari kelas 1 sampai dengan kelas 5. Perkembangan lebih lanjut pada September 1984 Yayasan Marsudirini mulai lagi membangun gedung berlantai dua sekaligus dibangun pagar bumi. Setelah selesai bangunan  kedua itu, diteruskan dengan membangun tempat sepeda, kantin dan pintu gerbang dalam. Setelah itu dibangun pula halaman tengah dengan  taman bunga di sekitarnya. Selesailah sudahlah pembangunan gedung sekolah SD Santo Antonius 02.

            Pelindung sekolah ini adalah Santo Antonius dari Padua. Dia adalah seorang pemuda yang baik dan suci, tekun dalam doa, rajin belajar terus menerus, tertarik dan mengutamakan pada pekerjaan rohani.

            Tepat  3 Agustus 1985 gedung SD Antonius 02 yang terletak di Jalan Kanfer Raya 30 Banyumanik Semarang diresmikan oleh Yayasan Marsudirini dan pemberkatan oleh Romo Kardinal Yustinus Darmoyuwono, Pr. Tahun 1986 membangun dua rumah penjaga dan sanggar pramuka, juga rumah dinas guru.

Perkembangan dari tahun ke tahun

            Mengingat sangat perlunya keamanan dan keselamatan anak dijalan raya saat menyeberang jalan maka dibutuhkan tenaga Satpam . Pada tahun 2004 membangun pos satpam. Pada tanggal 4 Oktober 2004 pos satpam diberkati.

            Pada tahun 2004 juga mendirikan kantin sekolah untuk menjual makanan sehat dan mulai dibuka 1 Agustus 2004 untuk melayani anak-anak yang tidak sempat sarapan pagi. Pada tahun 2005 membangun tempat parkir sepeda motor dan mobil wali siswa.

            Adapun kegiatan ekstra kurikuler yang diselenggarakan di SD Santo Antonius 02 antara lain : Drumband, Ansamble Musik, Menari, Olahraga,  Sempoa, Pramuka, dan Yudo.

Pelajaran plus :

Komputer,  Bahasa Inggris.

Sarana Prasarana yang lengkap antara lain :

            Ruang kelas cukup untuk semua anak dari kelas I sampai dengan VI sehingga semua siswa bisa sekolah pagi hari. Ada ruang musik dengan alat musik, Lab,. Komputer, Lab IPA, Lab. Bahasa , ruang UKS, ruang bermain, Perpustakaan, tempat parkir sepeda untuk siswa dan guru, Kamar Mandi dan WC.

            SD Santo Antonius 02 berusaha mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pada tanggal 12 Desember 2005, SD Santo Antonius 02 melaksanakan Akreditasi tingkat kota Semarang. Hasil akreditasi peringkat A dengan jumlah nilai 93,79.

            Tahun 2009  dalam lomba Sekolah Sehat tingkat Kecamatan sampai dengan tingkat propinsi mendapatkan Peringkat I dan maju ke tingkat nasional mewakili Propinsi Jawa Tengah.

            Saat ini SD Santo Antonius 02 juga sedang dirintis menjadi Sekolah Berstandar Nasional ( RSBN ),  nominasi Sekolah Adiwiyata ( Sekolah Berwawasan Lingkungan) dan pelaksana KMDM ( Kecil Menanam Dewasa Memanen ).

            Tahun 2010 /2011 telah dipasang WIFI untuk Internet, penggunaan Laptop untuk mengajar, karena setiap ruangan kelas dan Laboratorium telah dipasang LCD Projector.

Demikian sekilas perkembangan SD Santo Antonius 02 Semarang.

 

 VISI

Beriman, unggul dalam prestasi, cinta sesama, dan berwawasan lingkungan

MISI

  1. Menghasilkan SDM yang memiliki nilai-nilai spiritualitas, moralitas, mentalitas,dan intelektualitas.
  2. Mewujudkan semangat persaudaraan dengan jiwa sosial dan tanggung jawab sebagai pribadi yang utuh.
  3. Mewujudkan sekolah berwawasan lingkungan hidup.
  4. Membudayakan perilaku sopan, jujur, disiplin, dan hidup sehat.
  5. Mewujudkan sekolah berstandar nasional.
  6. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
  7. Melaksanakan manajemen berbasis sekolah.
  8. Memanfaatkan lingkungan sebagai sarana pembelajaran.

 

TAQWA – TANGGAP – TANGGUH – TEKUN – DAN  TERAMPIL  WUJUDKAN   CITA – CITA