SD Perawang


SEJARAH SINGKAT

BERDIRINYA SD MARSUDIRINI PERAWANG

                 

TK St.Theresia dan SD  Marsudirini terletak di Desa Perawang Barat, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau .

Pada tahun 2001 umat Katolik di Stasi St. Yohanes Pembaptis Perawang sangat merindukan hadirnya sekolah Katolik di Perawang. Sebelum pemekaran Paroki Santa Maria a Fatima Pekanbaru , Stasi St. Yohanes Pembaptis Perawang merupakan bagian dari  Paroki Santa Maria a Fatima , tetapi setelah pemekaran, Stasi St. Yohanes Pembaptis Perawang menjadi bagian dari Paroki St. Paulus Labuh Baru. Paroki St. Paulus Labuh Baru mempunyai 33 Stasi , Stasi St. Yohanes Pembaptis Perawang merupakan Stasi yang terbesar di antara 33 Stasi  tsb.

Penduduk di Kabupaten Siak mayoritas ( + 70 % tinggal di Perawang, lainnya tesebar di 13 Kecamatan bagian dari Kabupaten Siak . Hal ini dapat dimengerti karena Kecamatan Tualang merupakan daerah kawasan Pabrik  antara lain PT. Arara Abadi, PT IKPP dan Pabrik Tissue  maka keramaian penduduk dan pendukungnya paling besar berada di Perawang . Karyawan puluhan ribu baik yang sudah berkeluarga maupun masih lajang menjadi bagian dari masyarakat Perawang , baik karyawan tetap dari Pabrik – pabrik tersebut maupun kontraktor ( CV / yang bekerjasama dengan pabrik tersebut . Anak – anak  sekolah dari semua Sekolah pun mayoritas anak – anak dari karyawan pabrik PT. Arara Abadi , PT . IKPP dan Pabrik Tissue .

Pengurus Gereja yang waktu itu diketuai oleh Bapak Tri Nugroho Putro menghubungi  Sr. Stella Maris salah satu suster OSF yang berkarya di Bukittinggi , mendatangi Pengurus Provinsi di Semarang, memohon kehadiran Suster  Suster OSF untuk berkarya di bidang Pendidikan di Perawang .

Dengan semangat tekat Sr. Stella Maris ingin membantu umat di Perawang , mengajukan permohonan ke Kapitel Provinsi yang waktu itu ditolak. Namun karena desakan umat yang bagaikan anak –ayam kehilangan induknya , Sr. Stella Maris prihatin lalu mulailah dengan penjajagan, Umat dengan semangat yang menyala ikut bergotong royong mendirikan gedung sekolah untk TK dan SD di atas tanah yang sudah dibeli oleh Suster – suster yang waktu sebelumnya berkarya di Pekanbaru, .Untuk  sementara Sr. Stella Maris mondar – mandir dari Bukittinggi ke Perawang yang memerlukan waktu kurang lebih 8 jam perjalanan naik travel . Dengan semangat umat membangun Gedung TK , menerima pendaftaran sementara di rumah Bapak Tri Nugroho di Jl. Gajah Tunggal , Perawang kurang lebih 3 km dari Lokasi sekolah . Pada pendirian TK tahun I menerima 4 rombel  , dan SD 4 rombel  yang belajarnya sementara di gedung TK .

Tahun selanjutnya , SD menerima siswa baru 4 rombel dimana merupakan murid TK St. Theresia  yang sudah tamat belajar di Tk. Setiap tahun SD Marsudirini mengalami peningkatan untuk penerimaan murid baru, dimana setiap tingkat kelas memiliki 4 kelas sampai 6 kelas dengan jumlah murid 30 per kelas.

 

VISI, MISI DAN MOTTO SEKOLAH

VISI

 

Kami mencita – citakan anak yang mencintai lingkungan alam ciptaan Allah, sesama dan Negara

 

MISI

Untuk itu kami akan membantu anak :

  1. Memupuk rasa cinta alam ciptaan Allah sesama dan Negara
  2. Memupuk semangat persaudaraan
  3. Mengembangkan sikap prilaku anak melalui pembiasaan moral dan social
  4. Mengembangkan potensi anak melalui kompetensi dasar Berbahasa, Fisik dan Motorik, Kognitif dan Seni .

 

MOTTO

“ MARSUDIRINI SMART, “

  1. S = Skil :Memiliki Ketrampilan yang dapat dipasarkan
  2. M = Motivation :Memiliki Motivasi diri.
  3. A = Attiudes :Memiliki sikap dan perilaku positif dalam kehidupan.
  4. R = Relation :Memiliki hubungan yang baik dalam lingkungan, kehidupan , baik relasi dalam hubungannya sebagai mahluk beragama, mahluk pribadi dan mahluk social.
  5. T = Target : Memiliki tujuan kehidupannya

Skil, Motivation, Attitudes, Relation And target